Home / Nasional

Sabtu, 27 Mei 2023 - 07:22 WIB

Menginap di Kediaman Habib Luthfi, Para Biksu Thudong Thailand Habiskan Tiga Pasang Sandal Selama Perjalanan

Menginap di Kediaman Habib Luthfi, Para Biksu Thudong Thailand Habiskan Tiga Pasang Sandal Selama Perjalanan

Menginap di Kediaman Habib Luthfi, Para Biksu Thudong Thailand Habiskan Tiga Pasang Sandal Selama Perjalanan

PEKALONGAN, LANDAKNEWS.ID – Rombongan 32 biksu thudong (ritual berjalan kaki ribuan kilometer) sudah sampai di Pekalongan kemarin. Mereka menginap di kediaman Habib Luthfi sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke Borobudur. Sejauh ini, rata-rata para biksu sudah menghabiskan tiga pasang sandal selama perjalanan dari Thailand.

Pengakuan itu disampaikan salah satu biksu asal Indonesia (Cirebon) Banthe Wawan. Ia juga sudah habis tiga pasang sandal selama perjalanan. Padahal sandal yang mereka pakai tebal-tebal.

”Iya, tiga (sandal). Tapi yang satu gara-gara hilang. Entah saat di mana,” ucapnya saat beristirahat di Koramil Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, kemarin siang.

Setibanya di Gedung Kanzus Sholawat Habib Luthfi Pekalongan, para biksu disambut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Pekalongan. Mereka lalu menyempatkan menyuci kasaya (jubah biksu) dan menjemur.

Baca juga  KPK Geledah Kantor Dinas PU Medan

Bermalam di Gedung Kanzus Sholawat ini, ternyata merupakan janji Banthe Wawan terhadap Habib Luthfi. Sebelum berangkat ke Thailand dan melaksanakan thudong, Banthe Wawan sempat bertemu Habib Luthfi di Cirebon. Saat itu sang habib menawarkan rumahnya jadi tempat singgah dan bermalam para biksu saat thudong.

”Saya jawab ’saya tidak akan mampir’. Wajah beliau langsung cemberut. Terus saya lanjutkan ’tapi saya akan bermalam di sana’. Beliau (Habib Luthfi, Red) tersenyum,” cerita Banthe Wawan.

Ia mengaku terkesan dengan sambutan luar bisa masyarakat Indonesia, khususnya Pekalongan. Jauh sebelum ini, Indonesia masih menjadi momok bagi para biksu dunia untuk melakukan thudong. Padahal punya situs tempat ibadah umat Buddha terbesar di dunia (Candi Borobudur).

Baca juga  JOIN Deklarasikan Diri

”Ini kali pertama dalam sejarah. Setelah viral dan melihat keramahan orang Indonesia, para biksu dunia yang belum tergabung dalam rombongan ini, jadi ingin thudong ke sini (Indonesia, Red),” ujarnya.

Para biksu hanya menginap satu malam di kediaman Habib Luthfi. Pagi ini, mereka melanjutkan perjalanan ke Borobudur. (nra/zal/lin)

Sumber: Radar Kudus

Share :

Baca Juga

Nasional

Keputusan DKPP RI : KPU Landak dan Bawaslu Landak Tidak Terbukti Melanggar Kode Etik

Nasional

Selubung Patung, Toleransi dan Pelajaran dari Singkawang

Nasional

Kabar Terbaru dari KPK Kasus Dugaan Korupsi di Kementan, Tersangkanya Banyak

Nasional

Dua Anggota TNI-Polri Tewas Ditembak KKB di Puncak Jaya, Polisi Siaga Satu

Nasional

Remaja vs Pendidikan Masa Kini: Gali Potensi, Tekuni Teknologi

Nasional

Jurnalis Online Indonesia Desak Polisi Usut Tuntas Aktor Saracen

Nasional

IKN Terkini: Jokowi Tak Jadi Pindah Juli, Pembangunan Akan Disetop Sementara

Nasional

Pemerintah Masih Kaji Perpanjangan PPKM Darurat
error: Content is protected !!