Home / Kalbar

Sabtu, 26 Agustus 2017 - 13:56 WIB

Inovasi Bang Elis, Pemprov Kalbar Raih TOP 40 Inovasi Layanan Publik

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis salah satu diantara peraih penghargaan TOP 40 inovasi layanan Publik 2017. Tropi penghargaan di serahkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani di stadion Manahan Solo, Jumat (25/8). (Foto: Hen)
PONTIANAK, LANDAK NEWS – Pemerintah provinsi Kalimantan Barat berhasil meraih penghargaan TOP 40 inovasi layanan Publik 2017. penetapan TOP 40 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017 oleh keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 40 Tahun 2017.
Tropi penghargaan di serahkan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani di stadion Manahan Solo, Jumat (25/8). Penyerahan penghargaan bersamaan digelarnya acara Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental yang berlangsung selama tiga hari (25-27 Agustus 2017) di tempat yang sama.

Usai menerima penghargaan, Cornelis mengatakan ini bentuk hasil kinerja, tentunya semua patut disyukuri. “Apa yang telah diperoleh ini tentunya akan menjadi motivasi kita bersama untuk lebih giat lagi dalam bekerja demi Kalbar yang lebih baik lagi, ini patut kita syukuri.” tuturnya.

Mantan Bupati Landak itu menambahkan adanya program pembangkit energi listrik tenaga matahari yang sudah di buat di daerah pedalaman Kalbar sebagai komitmen pihaknya dalam penyediaan kebutuhan dasar listrik bagi masyarakat, khususnya masyarakat pedalaman yang belum pernah terjamah infrastruktur listrik dari Pemerintah.

“Kita juga berharap, dengan terbangunnya pembangkit energi listrik tenaga matahari di sebagian kabupaten di Kalbar, dapat menjadi contoh bagi kabupaten lainnya, dalam pemanfaatan energi matahari yang ada,” katanya
Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Ansfridus Anjioe menjelaskan, Inovasi Kalbar yang berhasil meraih TOP 40, berjudul ” Bang Elis Hadir Kampung Kami Jadi Terang”. Bang Elis di maksud, adalah Pembangkit Energi Listrik tenaga matahari daerah pedalaman kalbar dari unit Inovasi Pelayanan Publik Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Kalbar. “Ini merupakan inovasi yang Bapak Gubernur Cornelis tugaskan kepada Dinas ESDM Provinsi Kalbar untuk mengimplementasinya karena ini sangat efektif dan bisa menjangkau pedalaman Kalbar.” tambah Ansfridus.
Seperti diketahui, dari 3.054 inovasi pelayanan publik 2017 yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Provinsi Kalbar bisa meraih TOP 40.
Dinas energi dan sumber daya mineral provinsi kalbar Sejak Tahun 2013 – 2016 dibangun di tujuh lokasi pembangkit Listrik tenaga surya, total kapasitas pembangkit 63 kWp (kilo watt peak), Total biaya Rp13,5 M. Tahun 2017 rencana dibangun di empat lokasi dengan anggaran Rp10,6 M. Sedangkan Tahun 2018 direncanakan dibangun di tujuh lokasi dengan anggaran Rp23 M.
Dalam prosesnya Untuk menuju Top 40. di TOP 99 beberapa bulan lalu pemprov kalbar mengikuti presentasi dan wawancara. Kehadiran pucuk pimpinan kementerian, lembaga, provinsi, kabupaten/kota atau BUMN dalam presentasi merupakan nilai lebih. Sebab hal itu menunjukkan komitmen dari pimpinan tertinggi serta pemahaman terhadap inovasi di instansi yang dipimpinnya.

Puan Maharani dalam sambutannya menyatakan kegiatan Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Kota Surakarta ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk mengambil bagian dalam mempelopori dan memperkuat praktek perubahan untuk kemajuan Indonesia. Pada kesempatan itu pula Menko PMK memberikan apresiasi kepada 40 program dari K/L, Pemerintah Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara/Daerah (BUMN/D) dalam melakukan inovasi pelayanan publik yang dampaknya sudah dirasakan oleh masyarakat. Penyerahan Penghargaan Top 40 Inovasi Pelayanan Publik merupakan rangkaian kegiatan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2017. Top 40 Inovasi Pelayanan Publik merupakan Inovasi yang sangat terpuji dari hasil seleksi inovasi pelayanan publik sebanyak 3.054 Inovasi yang diikuti oleh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah serta BUMN juga BUMD.

Baca juga  Karolin-Gidot Siap Jadikan Kalbar Mandiri Dan Maju

Menurut Puan, Inovasi Pelayanan Publik sesuai tugas fungsi dan kewenangan para aparatur negara untuk menjalankan Gerakan Revolusi Mental. Gerakan tersebut diwujudkan secara nyata melalui inovasi-inovasi Pelayanan Publik. Jangan hanya dijadikan slogan saja. Puan berharap agar Inovasi Pelayanan Publik yang berhasil meraih penghargaan ini bisa dijadikan acuan dan semangat aparatur negara lainnya dalam berkarya dan bekerja. Mari kita bangun Indonesia dengan mental yang kuat dan hati yang bersih demi meraih kejayaan bangsa. (Hen)

Baca juga  Riadi: Bersyukur Jangan Cemas

Share :

Baca Juga

Kalbar

Karolin-Gidot Berkomitmen Sediakan Beasiswa Pendidikan Tinggi

Kalbar

Cornelis: Saya Sudah Teken Pemekaran Wilayah Sejak 2012

Kalbar

Pilkada Kalbar Diharapkan Berjalan Kondusif

Kalbar

Kader PDI Perjuangan Wajib Menangkan Karol Gidot

Kalbar

PLN Bagikan Token Listrik Prabayar Gratis

Kalbar

Satgas Covid-19 Kalbar Ingatkan Potensi Terjadinya 8 Klaster Baru

Kalbar

Pelaksanaan UNBK di Pontianak Lancar

Kalbar

Press Release Bupati Sintang Pergantian Tahun 2018
error: Content is protected !!