Home / Tips

Senin, 15 Mei 2023 - 08:29 WIB

7 Langkah Pertolongan Pertama saat Asam Lambung Naik

JAKARTA, LANDAKNEWS.ID  – Penderita penyakit asam lambung tentu tidak asing lagi dengan istilah asam lambung naik. Saat hal itu terjadi tentu membuat tubuh tidak nyaman dan menyebabkan aktivitas terganggu. Selain itu, apabila tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kondisi semakin parah.

Melansir dari Mayo Clinics, asam lambung naik adalah kondisi di mana asam naik ke kerongkongan. Umumnya, kondisi ini bisa menyebabkan nyeri di ulu hati, heartburn, dan berbagai gejala lain. Biasanya, orang yang memiliki penyakit ini akan mengalami refluks asam lambung dari yang ringan hingga parah dan terjadi paling sedikit dua minggu sekali.

Penyebab orang memiliki penyakit asam lambung karena pola makan yang buruk dan tidak teratur, seperti sering makan makanan cepat saji, makanan pedas, atau bisa juga karena langsung tidur setelah makan. Saat refluks asam naik, Anda akan merasakan nyeri yang luar biasa dan diperlukan langkah tepat untuk menangani gejalanya. Berikut tujuh langkah pertolongan pertama saat asam lambung naik.

1. Minum Air Hangat

Ketika asam lambung sedang naik, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah minum air hangat. Minum air hangat bisa dilakukan sebelum minum obat. Hal ini mampu meredakan rasa tidak nyaman dan perih di perut. Menurut Web MD, obat yang mengandung antasida mampu mengatasi rasa sakit. Jadi, sebelum minum obat, pastikan minum air hangat secara perlahan dan jangan minum terburu-buru.

Baca juga  Dokumen AS Beber Keterlibatan MbS di Pembunuhan Khashoggi

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat meredakan asam lambung naik ke dada. Makan permen karet, dapat merangsang produksi air liur yang bisa ditelan sebanyak-banyaknya. Hal ini mampu membersihkan asam lambung yang ada di kerongkongan sehingga kondisi bisa membaik.

3. Makan Madu

Selain permen karet, madu juga bisa menjadi makanan untuk meredakan asam lambung naik karena kandungan dalam madu bisa meredakan asam lambung dan mencegah iritasi di lambung. Anda dapat mengonsumsi madu secara langsung atau dicampur dengan teh.

4. Minum Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tak hanya untuk makanan tapi untuk kesehatan juga. Jahe diketahui mengandung asam fenolat yang berfungsi mencegah naiknya asam lambung dan terjadi iritasi di saluran pencernaan. Jahe juga mengandung antiperadangan yang berperan meredakan mual, jadi tanaman rempah tersebut bisa menjadi alternatif mencegah asam lambung naik.

Baca juga  6 Tanda Peringatan Diabetes yang Dapat Terlihat pada Kaki

5. Melonggarkan Pakaian yang Dipakai

Saat mengalami heartburn akibat GERD pasti perut terasa tidak nyaman dan penuh sesak. Langkah pertama yang bisa diambil adalah dengan melonggarkan pakaian yang sedang dikenakan. Jika sedang menggunakan ikat pinggang di celana, kendurkan atau buka risleting celana dengan segera karena asam lambung naik biasanya disebabkan tekanan pada perut.

6. Segera Minum Obat Maag

Jika rasa nyeri terlalu berat dan parah, cobalah mengonsumi obat maag. Ada banyak jenis obat maag yang bisa diminum, Anda bisa sesuaikan obat yang biasa dikonsumsi. Salah satu obat maag yang bisa di dikonsumsi adalah antasida. Antasida bisa meredakan asam lambung dengan cepat.

7. Tinggikan Posisi Kepala

Cara terakhir adalah dengan meninggikan posisi kepala. Hal ini bisa dilakukan jika asam lambung terjadi pada malam hari. Coba ambil beberapa bantal dan susun agar posisi kepala lebih tinggi. Atau bisa juga dengan menyangga pinggang dengan bantal agar bisa menurunkan rasa tidak nyaman di lambung. (Dwi Lucy Susetiowati)

Sumber: Tempo

Share :

Baca Juga

Tips

Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Trigliserida dan Kolesterol

Tips

Simak 7 Tips Diet Menurunkan Berat Badan yang Aman

Tips

7 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari bagi Kesehatan

Tips

Tak Perlu Obat-obatan, Rutin Minum 2 Minuman Ini Mampu Menurunkan Kolesterol

Tips

6 Manfaat Makan Buah Setiap Hari, Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Tips

Tidak Semua Tercover, Simak Daftar Terbaru Pengobatan yang Ditanggung BPJS Kesehatan

Tips

Awalnya Tak Sengaja Buang Kulit Telur ke Tanah Samping Rumah, Seminggu Kemudian Takjub Lihat Kondisi Pekarangan Jadi Seperti Ini

Tips

7 Kebiasaan Sebelum Tidur untuk Menghilangkan Perut Buncit
error: Content is protected !!