Home / Kalbar

Senin, 19 Februari 2018 - 18:58 WIB

Karolin: CU Harus Mampu Jadi Pilar Ekonomi

Karolin saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan KSP CU Pancur Kasih di Pontianak, Senin (19/2). (Foto: TL)

PONTIANAK, LANDAKNEWS – Calon Gubernur Kalimantan Barat, dr. Karolin Margret Natasa menyatakan, Credit Union harus mampu menjadi pilar ekonomi bagi masyarakat Kalbar.

Untuk itu, dirinya memandang perlu untuk akan memaksimalkan keberadaan koperasi/CU yang ada untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.

“Seperti yang kita ketahui, saat ini CU bukan lagi sekedar sebagai lembaga simpan-pinjam, namun CU sudah menjadi sarana pembebasan rakyat jelata dari segala bentuk pemiskinan dan pembodohan. Peran CU juga cukup signifikan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah, sehingga perlu kita maksimalkan keberadaannya,” kata Karolin saat menghadiri Rapat Anggota Tahunan KSP CU Pancur Kasih di Pontianak, Senin (19/2).

Baca juga  Ketua Umum Dharma Pertiwi Tinjau Tiga Sekolah Tingkat Taman Kanak-kanak di Wilayah Kalimantan Barat

Dirinya menambahkan, CU saat ini bukan lagi hanya lembaga keuangan yang beromzet kecil-kecilan, namun telah memiliki investasi hingga triliunan rupiah.

Hal itu terjadi karena CU didesain untuk mengangkat harkat kelas masyarakat miskin, baik di perkotaan dengan usaha kerajinan dan dagang kecil maupun di pedesaan dengan pertanian sedang sampai gurem.

“Tujuan itu jelas untuk usaha gerakan pembebasan dari pemiskinan. Dalam tataran ini tampak bahwa pemodal-pemodal besar atau konglomerat tak mendapat tempat dalam kelompok Credit Union, sebab yang diutamakan dalam CU adalah kebersamaan dan saling membantu,” tuturnya.

Mantan anggota DPR RI dua periode itu menambahkan, di Landak, pertumbuhan CU juga sangat baik, dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan lembaga ini untuk meningatkan usahanya.

Baca juga  Karolin Berpose di Arena Pekan Gawai Dayak, Ini Komentar Warganet

Untuk itu, dirinya memandang perlu upaya memaksimalkan keberadaan CU agar dapat membantu pertumbuhan usaha kecil dan menengah di Landak.

“Jika di Landak semakin banyak usaha kecil yang tembuh, tentu ini juga berpengaruh pada percepatan perputaran ekonomi daerah. Ujung-ujungnya, lapangan pekerjaan baru banyak terbuka dan angka pengangguran bisa ditekan,” katanya.

Tidak hanya CU, lanjut Karolin, dirinya juga akan mendorong perbankan untuk memaksimalkan penyaluran KUR kepada masyarakat, agar dunia usaha di Landak bisa semakin bergairah.

“Ini juga sudah kita tuangkan dalam Visi dan Misi pencalonan saya sebagai Gubernur Kalbar,” katanya.

Penulis: Tim Liputan
Editor: One

Share :

Baca Juga

Kalbar

Pangdam XII/Tpr ; TNI Bangga Kepada Pemuda Kalbar dan Kalteng

Kalbar

OTT Kadis PU Ketapang

Kalbar

Berikut Kami Sampaikan Update prakiraan cuaca Lokasi Wisata di Kalimantan Barat Untuk Esok Hari 02 Juni 2024.

Kalbar

Pemuda Katolik Siap Gandeng OKP Lain Untuk Lahirkan SDM Hebat

Kalbar

Songkok Chapter Sekadau Menilai Karolin-Gidot Paslon Pilihan Anak Muda

Kalbar

Penjabat Gubernur Imbau Jaga Situasi Keamanan dan Ketertiban Mempawah

Kalbar

Gempar, Sederet Ruko di Jalan Pangsuma Sanggau Terbakar

Kalbar

Terkait Pembakaran Lahan dan Polusi Asap, 500an Warga Kalbar Akan Mengajukan Gugatan Class Action Dan Citizen Lawsuit
error: Content is protected !!