Home / Parlementaria

Senin, 8 Juli 2024 - 15:27 WIB

DPRD Landak Gelar Rapat Paripurna ke-12 Masa Sidang III Tahun 2024

LANDAK, KALBAR  – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Landak Gelar Rapat Paripurna ke-12 Masa Sidang III Tahun 2024 Dalam Rangka Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Landak Terhadap Raperda Tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani. Senin (08/07/24).

Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Utama DPRD Landak, dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Landak Oktapius, S.H.,M.H., di dampingi Wakil Ketua DPRD Landak Aris Ismail, S.E., dihadiri Pj. Bupati Landak yang diwakili oleh Sekda Landak, Anggota DPRD Landak, Asisten Sekda Landak, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Landak, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesemptannya Wakil Ketua DPRD Landak mengatakan, agenda rapat kali ini adalah dalam rangka Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Landak terhadap Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

“Agenda rapat paripurna ke-10 masa sidang III Tahun 2024 dalam rangka Penyampaian Pendapat Akhir Fraksi-Fraksi DPRD Landak terhadap Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani,” Ujar Oktapius.

Baca juga  Bantu Para UMKM, Tahun 2022 Bupati Landak Bangun Pusat Oleh-oleh

Selain itu, Wakil Ketua Bapemperda DPRD Landak juga mengatakan dalam pembahasan bersama antara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Landak dengan Tim Eksekutif, terjadi diskusi yang dinamis dilandasi dengan musyawarah dan mupakat serta mengedepankan kajian-kajian yuridis, teoritis dan sosiologis untuk saling melengkapi guna penyempurnaan substansi materi dan bahasa serta penerapan peraturuan yang relevan sehingga akhirnya disepakati beberapa perubahan dan penambahan sebagai berikut: 1.Pada Kosideran mengingat ada penambahan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan;  dan 2. Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

“Mengenai ketentuan lain dalam Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Landak tersebut di atas terdapat kesamaan pandangan antara Tim Badan Pembentukan Peraturan Daerah dengan Tim Eksekutif untuk tidak melakukan perubahan, karena sudah sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundangan-Undangan dan Kaidah Penyusunan Raperda serta sesuai pula dengan kondisi dan kebutuhan Masyarakat Kabupaten Landak,” ujar Cahyatanus.

Baca juga  Kasdam XII/Tpr Ikuti Rakornis TMMD ke-115 TA 2022

Cahyatanus juga mengatakan dengan adanya beberapa perbaikan terhadap rancangan peraturan daerah ini, sesuai dengan kesepakatan bersama dengan Tim Eksekutif maka Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Landak setuju Rancangan Peraturan Daerah ini disahkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Landak.

Wakil Bapemperda DPRD Landak berharap Rancangan Peraturan Daeran ini mampu membantu para petani di Kabupaten Landak.

“Setelah Rancangan Peraturan Daerah ini berlaku efektif maka bertambah pula produk hukum yang kita miliki diharapkan nantinya mampu membantu para petani di Kabupaten Landak dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang selama ini dihadapi, sehingga para petani mampu menjalankan perannya sebagai komponen utama dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan serta mampu mewujudkan pembangunan ekonomi di Wilayah Kabupaten Landak,” harap Cahyatanus. (R)

Share :

Baca Juga

Parlementaria

Fraksi-fraksi DPRD Landak Sampaikan Jawaban Kepada Eksekutif Tentang Raperda Kelembagaan Adat Dayak

Parlementaria

Bayi Calista yang Dianiaya Ibu Kandungnya Meninggal Dunia

Parlementaria

Bahas Pelayanan Kesehatan, Komisi C DPRD Landak Gelar Rapat Bersama Dinas Terkait

Parlementaria

Fraksi-Fraksi DPRD Landak Sampaikan Pandangan Umum Terhadap Raperda Tentang Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik

Parlementaria

Ketua Komisi C yang juga Sebagai Ketua IAKMI dan Ketua PUSPA Landak hadiri dan memberikan bantuan kursi roda pada kegiatan Germas, Pembinaan Kader Posyandu, dan PKK di Desa Sumsum

Parlementaria

DPRD Landak Gelar Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Nota Keuangan dan Raperda Tentang RAPBD Kabupaten Landak T.A 2024 oleh Pj. Bupati Landak

Parlementaria

Heri Saman Hadiri Acara Bahaupm Dalam Rangka Naik Dango ke-38 di Landak

Parlementaria

Bela Kepentingan Masyarakat, PLN Koordinasi Dengan DPRD Landak
error: Content is protected !!